Jumat, 13 Januari 2017

Tugas UAS SosKom: Resume Persentasi kelompok

Top of Form
Bottom of Form
RESUME PRESENTASI KELOMPOK
SOSIOLOGI KOMUNIKASI
KELOMPOK I
MEDIA DAN KELUARGA
Keluarga adalah organisasi terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari Ayah
sebagai kepala keluarga, Ibu sebagai wakil kepala keluarga, dan Anak sebagai
anggota keluarga. dan media untuk saat ini contohnya Televisi sudah menjadi
orang tua lain dalam keluarga, sadar ataupun tidak.
pengaruh negatif Televisi terhadap anak
1. mempengaruhi perkembangan otak dan daya pikir anak
2. konsumtif
3. mudah terpengaruh
4. semangat belajar menurun
5. obesitas
6. Anti soial
7. cepat matang secara seksual
Secera umum moderenisasi cenderung untuk menimbulkan suatu unit keluarga
yang dibentuk oleh daya tarik emosional dan yang dibangun atas dasar-dasar
seksual- emosional yang terbatas.
Moderenisasi yang terjadi telah menyebabkan perubahan- perubahan dalam fungsi
keluarga.
Laman 1 dari 4

KELOMPOK II
MEDIA MASSA DAN ANAK
Media massa sangat berdampak pada perilaku anak mereka cenderung kasar dan
berperilaku layaknya orang dewasa berikut beberapa dampak positif dan negatif
dari Teevisi, Radio, Media sosial dan majalah
dampak positif
1. anak lebih kreatif
2. edukasi dan informasi
3. mengembangkan keterampilan
dampak negatif
1. menyita waktu belajar
2. mudah terpengaruh hal negatif
3. menjadi konsumtif dan hedonik
4. merusak tatanan bahasa indonesia karena sosial media tidak menganut ejaan
baku
KELOMPOK III
PEREMPUAN, MEDIA DAN PORNOGRAFI
Media baik elektronik maupun cetak saat ini sebagai salah satu penyebab utama
menurunnya moral umat manusia termasuk remaja. berbagai tayangan yang sangat
menonjolkan aspek pornografi diyakini sangat erat hubungannya dengan
meningkatya berbagai kasus kekerasan seksual.
Dengan semakin majunya teknologi komunikasi, saat ini hampir tidak ada satupun
kekuatan yang mampu mengendalikan atau melakukan sensor terhadap berita

maupun hiburan termasuk berita atau tayangan yang termasuk dalam taangan
pornografi.
pornografi dapat menggunakan berbagai media - teks tertulis maupun lisan, foto-
foto, ukiran, gambar, gambar bergerak (animasi), dan suara seperti misalnya suara
orang yang bernapas tersengal-sengal. Film porno yang menggabungkan gambar
yang bergerak, teks erotik yang diucapkan dan/ atau suara- suara erotik lainnya,
sementara majalah seringkali menggabungkan foto dan teks tertulis, novel dan
cerita pendek menyajikan teks tertulis, kadang-kadang dengan ilustrasi . suatu
pertunjukan hidup pun disebut porno (dalam muntaqo, 2006).
Bila remaja terus menerus mengkonsumsi pornografi, sangat mungkin ia akan
melakukan hubungan seks pada usia terlalu dini, dan diluar ikatan pernikahan.
apalagi pornografi umumnya tidak mengajarkan corak huungan yang
bertanggungjawab, sehingga potensial mendorong perilaku seks yang
menghasilkan kehamilan remaja, kehamilan diluar nikah atau penyebaran penyakit
yang menular melalui hubungan seks, seperti PMS/AIDS.
KELOMPOK IV
MEDIA, GAYA HIDUP, DAN KONSUMERISME
Seiring dengan perkembangan teknologi, media massa saat ini semakin tumbuh
dan berkembang. tanpa kita sadarai, di era globalisasi ini, media massa memiliki
pengaruh yang sangat besar terhadap gaya hidup masyarakat.
Media massa merupakan sarana pengembangan kebudayaan, salah satu contoh
budaya yang dikembangkan oleh media massa yaitu gaya berpakaian selebritis
yang biasanya diikuti oleh masyarakat.
Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang dan pilihan- pilihan konsumsi
seseorang. sifat konsumtif dan gaya hidup ini sangat terpaut erat. demi memenuhi
gaya hidup, seseorang akan bersifat konsumtif meskipun hal tersebut bertolak
belakang dengan realitas kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya.
KELOMPOK V
HIBURAN SEBAGAI EFEK MEDIA
Laman 3 dari 4
Sedemikian dahsyatnya efek media pada manusia. komunikasi massa berhasil
mempengaruhi masyarakat mulai dari efek kognitif (pengetahuan), afektif
(emosional dan perasaan) dan behavioral (perubahan pada perilakau) \. namun
pada dasarnya, efek yang ditimbulkan tersebut tidak akan pernah bisa berdiri
sendiri, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi. karena pada saat
masyarakat menerima pesan, mereka tidak langsung menerimanya, namn
menyaring pesan tersebut, dengan berpikir dan mempertimbangkannya. karena
masih ada faktor pribadi dan faktor sosial yang menentukan seberapa besar efek
media massa pada perubahansikap dan perilaku manusia.
sejatinya, manusia hidup dalam dunia yang dipenuhi dengan berbagai kebutuhan
dan kepentingan, dimana media memiliki peran besar didalamnya, apa yang
dilakukan oleh masyarakat, mungkin secara tidak langsung akibat dari pengaruh
media. namun tidak dapat dibantah, bahwa masyarakat global akan semakin
tergantung pada media. karena pada dasarnya, manusia dimuka bumi ini tinggal
dalam global village atau desa global, kareba besarnya pengaruh media massa
dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar